CARI

MAKALAH PENGENALAN BACKOFFICE PROSEDUR HOTEL

PROCEDURE HARIAN ACCOUNT PAYABLE

PROSEDUR PENERIMAAN A/P TRANSAKSI DARI RECEIVING SECARA HARIAN:
1.     Semua proses ini harus dilakukan secara harian
2.     Import data receiving oleh Account Payable
3.     Selalu cetak A/P Daily Transaction Report à cek hingga benar
4.     Selalu cetak A/P Daily Journal Report à cek hingga benar dan dicocokan dengan report A/P Daily Transaction Report à lakukan perbaikan jika ada kesalahan.
5.     Setelah benar dan cocok à Flag A/P Transactions dan jangan ditunda-tunda
6.     Setelah benar dan cocok à Flag A/P Journal dan jangan ditunda-tunda

PROSEDUR PEMBUATAN A/P TRANSAKSI YANG TIDAK MELALUI RECEIVING SECARA HARIAN:
1.     Semua proses ini harus dilakukan secara harian
2.     Entry A/P Transactions oleh Account Payable
3.     Selalu cetak A/P Daily Transaction Report à cek hingga benar
4.     Entry A/P Journal untuk transaksi yang di entry manual oleh Account Payable
5.     Selalu cetak A/P Daily Journal Report à cek hingga benar dan dicocokan dengan report A/P Daily Transaction Report à lakukan perbaikan jika ada kesalahan.
6.     Setelah benar dan cocok à Flag A/P Transactions dan jangan ditunda-tunda
7.     Setelah benar dan cocok à Flag A/P Journal dan jangan ditunda-tunda
8.     Isian Form A/P Transaction :
DATE                 : isi dengan tanggal new A/P
REMARK             : isi dengan keterangan traksaksi tersebut, contoh à TRANS 20-11-2002 (untuk transaksi A/P tanggal 20 November 2002)
ACCOUNT#         : isi dengan nama Vendor, contoh à GUMIBALI.COM
REFF# / REMARK : isi dengan keterangan detail traksaksi tersebut, contoh à BELI COMPUTER (maksimal 15 charakter)
R.R #                : isi dengan keterangan detail no traksaksi tersebut, contoh à TGL-20/11/02 (maksimal 15 charakter)
INGAT..!!           : untuk pengisian REFF#/REMARK dan R.R# tidak boleh sama, dan atau untuk kedua kolom tersebut tidak boleh sama dengan trasaksi yang pernah ada untuk satu vendor tersebut

PROSEDUR A/P JOURNAL HARIAN (UNTUK TRANSAKSI YANG TIDAK MELALUI RECEIVING) :
1.     Semua proses ini harus dilakukan secara harian sesuai dengan entry A/P Transaksi
2.     Selalu cetak A/P Daily Journal Report à cek hingga benar (dicocokan dengan laporan A/P Daily Transaction)
3.     Selalu cetak A/P Daily Journal Summary à cek hingga benar (cocokan dengan A/P Daily Journal Report)
4.     Setelah benar dan cocok semua transaksi à Validasi/Flag data A/P JOURNAL dan jangan ditunda-tunda (agar bisa diimport oleh module General Ledger)
5.     Semua data A/P Journal sudah dapat di Import oleh Bookkeeper (module General Ledger)
6.     Isian Form A/P Journal :
DATE           : isi dengan tanggal journal
REMARK-1    : isi dengan keterangan dari journal tersebut contoh à TRANS 20-11-2002
REMARK-2    : isi dengan keterangan dari journal tersebut contoh à BELI COMPUTER

PROSEDUR PEMBUATAN PAYMENT VOUCHER:
1.     Cek Faktur dan dokumen DAILY RECEIVING DOCKET yang telah diterima.
2.     Pilih Vendor / Supplier yang akan di buatkan Payment Voucher-nya.
3.     Pilih transaksi-transaksi yang sudah masuk ke A/P untuk dibuatkan Payment Voucher-nya.
4.     Selalu cetak PAYMENT VOUCHER DOCKET
5.     Isian Form A/P Payment Voucher :
DATE                 : isi dengan tanggal A/P Payment Voucher
REMARK             : isi dengan keterangan traksaksi tersebut, contoh à PLEASE PAY

PROSEDUR PEMBAYARAN ACCOUNT PAYABLE:
1.     Memeriksa PAYMENT VOUCHER dan kelengkapan dokumen-nya.
2.     Pilih Vendor yang akan di Payment.
3.     Pilih Payment Voucher yang akan di Payment
4.     Isikan kolom REMARK dengan nama BANK dan nomor CEK-nya, jika CASH isikan kolom REMARK dengan CASH.
5.     Lakukan Payment dengan FULL PAYMENT atau secara PARTIAL.
9.     Selalu cetak A/P Daily Payment Report à cek hingga benar dan dicocokan dengan laporan manual yang ada à lakukan perbaikan jika ada kesalahan.
10.  Setelah benar dan cocok à Flag A/P Payment dan jangan ditunda-tunda
11.  Isian Form A/P Payment Voucher :
DATE                 : isi dengan tanggal A/P Payment
REMARK             : isi dengan keterangan cara pembayarannya, contoh à BCA CEK 3535-8878

REPORT-REPORT TAMBAHAN YANG HARUS DICETAK JIKA DIBUTUHKAN:
1.     A/P DAILY JOURNAL SUMMARY  è digunakan untuk cross check dengan journal yang ada di General Ledger
2.     A/P SUBSIDIARY VENDOR  è digunakan untuk menegecek kebenaran saldo per masing-masing vendor.
3.     A/P AGING REPORT  è dibutuhkan setiap akhir bulan untuk lampiran pada laporan keuangan.


PROCEDURE HARIAN ACCOUNT RECEIVABLE


PROSEDUR PENERIMAAN A/R TRANSAKSI DARI NIGHT AUDIT (FO) SECARA HARIAN:
1.     Semua proses ini harus dilakukan secara harian
2.     Import data A/R atau Piutang oleh Account Receivable
3.     Selalu cetak A/R Daily Transaction Report à cek hingga benar dan cocokan dengan report Daily Sales Journal Report à lakukan perbaikan jika ada kesalahan.
4.     Setelah benar dan cocok à Flag A/R Transactions dan jangan ditunda-tunda

PROSEDUR PEMBUATAN A/R TRANSAKSI YANG TIDAK MELALUI NIGHT AUDIT (FO) SECARA HARIAN:
1.     Semua proses ini harus dilakukan secara harian
2.     Entry A/R Transactions oleh Account Receivable
3.     Selalu cetak A/R Daily Transaction Report à cek hingga benar
4.     Entry A/P Journal untuk transaksi yang di entry manual oleh Account Receivable (bisa juga di Entry oleh user Sales / Income Audit tergantung kesepakatan)
5.     Selalu cetak A/R Daily Journal Report à cek hingga benar dan cocokan dengan report A/R Daily Transaction Report à lakukan perbaikan jika ada kesalahan.
6.     Setelah benar dan cocok à Flag A/R Transactions dan jangan ditunda-tunda
7.     Setelah benar dan cocok à Flag A/R Journal dan jangan ditunda-tunda
8.     Isian Form A/R Transaction :
DATE                 : isi dengan tanggal new A/R
REMARK             : isi dengan keterangan traksaksi tersebut, contoh à TRANS 22-11-2002 (untuk transaksi A/R tanggal 22 November 2002)
ACCOUNT#         : isi dengan nama Customer, contoh à GUMIBALI.COM
REFF#               : isi dengan keterangan detail traksaksi tersebut, contoh à MR. FEI HUNG (maksimal 15 charakter)
REMARK             : isi dengan keterangan detail no traksaksi tersebut, contoh à MR-0123456789 (maksimal 15 charakter)
INGAT..!!           : untuk pengisian REFF#/REMARK dan R.R# tidak boleh sama, dan atau untuk kedua kolom tersebut tidak boleh sama dengan trasaksi yang pernah ada untuk satu vendor tersebut

PROSEDUR A/R JOURNAL HARIAN (UNTUK TRANSAKSI YANG TIDAK MELALUI FO) :
1.     Semua proses ini harus dilakukan secara harian sesuai dengan entry A/R Transaksi atau yang di Entry oleh module Sales Income tergantung siapa yang entry transaksi Revenuenya
2.     Selalu cetak A/R Daily Journal Report à cek hingga benar (dicocokan dengan laporan A/R Daily Transaction atau report dari Sales Income tergantung siapa yang entry transaksi Revenuenya)
3.     Selalu cetak A/R Daily Journal Summary à cek hingga benar (cocokan dengan A/R Daily Journal Report)
4.     Setelah benar dan cocok semua transaksi à Validasi/Flag data A/R JOURNAL dan jangan ditunda-tunda (agar bisa diimport oleh module General Ledger)
5.     Semua data A/R Journal sudah dapat di Import oleh Bookkeeper (module General Ledger)
6.     Isian Form A/R Journal :
DATE           : isi dengan tanggal journal
REMARK-1    : isi dengan keterangan dari journal tersebut contoh à TRANS 22-11-2002
REMARK-2    : isi dengan keterangan dari journal tersebut contoh à Mr. FEI HUNG

PROSEDUR PEMBUATAN INVOICE:
1.     Cek Bill dan transaksi/dokumen pendukungnya yang telah diterima.
2.     Pilih Customer / Agent yang akan dibuatkan Invoice-nya.
3.     Pilih transaksi-transaksi yang sudah masuk ke A/R untuk dibuatkan Invoice-nya.
4.     Save dan selalu cetak INVOICE DOCKET
5.     Isian Form A/R Invoice :
DATE                 : isi dengan tanggal A/R Invoice
REMARK             : isi dengan keterangan traksaksi tersebut, contoh à PLEASE PAY

PROSEDUR PENERIMAAN PEMBAYARAN ACCOUNT RECEIVABLE:
1.     Memeriksa INVOICE dan kelengkapan dokumen-nya.
2.     Pilih Customer / Agent yang akan di Payment.
3.     Pilih INVOICE yang akan di Payment
4.     Isikan kolom REMARK dengan nama BANK dan nomor CEK-nya, jika CASH isikan kolom REMARK dengan CASH.
5.     Lakukan Payment dengan FULL PAYMENT atau secara PARTIAL.
9.     Selalu cetak A/R Daily Receipt Report à cek hingga benar dan dicocokan dengan laporan manual yang ada pada General Cashier à lakukan perbaikan jika ada kesalahan.
10.  Setelah benar dan cocok à Flag A/R Receipt dan jangan ditunda-tunda
11.  Isian Form A/R Receipt :
DATE                 : isi dengan tanggal A/R Receipt
REMARK             : isi dengan keterangan cara pembayarannya, contoh à BNI BG 8786-32365

REPORT-REPORT TAMBAHAN YANG HARUS DICETAK JIKA DIBUTUHKAN:
1.     A/R DAILY JOURNAL SUMMARY  è digunakan untuk cross check dengan journal di General Ledger
2.     A/R SUBSIDIARY CUSTOMER è digunakan untuk menegecek kebenaran saldo per masing2 Customer
3.     A/R AGING REPORT  è dibutuhkan setiap akhir bulan untuk lampiran pada laporan keuangan.



PROCEDURE HARIAN STORE DAN COST CONTROL 

PROSEDUR VALIDASI DAILY RECEIVING RECORD [MODULE : STORE]:
1.     Proses ini harus dilakukan secara harian agar laporan DAILY FB FLASH dapat dicetak secara benar
2.     Cek laporan Daily Receiving Report / Docket dari Receiving dan cek hingga benar terutama untuk nilai QUANTITY, UNIT dan UNIT PRICE.
3.     Setelah benar dan cocok à Flag RECEIVING & RETURN lewat module STORE dan jangan ditunda-tunda (agar bisa diimport oleh module A/P)
4.     Jika proses diatas sudah benar dan telah dijalankan maka komponen Receiving pada Daily FB Flash dan Report Reconciliation sudah benar

PROSEDUR PEMBUATAN STORE REQUISITION SECARA HARIAN:
1.     Semua proses ini harus dilakukan secara harian agar laporan DAILY FB FLASH dapat dicetak secara benar
2.     Entry Transaksi SR/Issueing tidak boleh pada tanggal akhir bulan, contoh: jika ada transaksi SR/Issueing pada tanggal: 31 Januari, maka transaksi SR/Issueing tersebut harus dimundurkan tanggalnya ke tanggal: 30 Januari atau dimajukan ke tanggal: 01 Februari. (tergantung kesepakatan) karena untuk tanggal akhir bulan akan digunakan oleh Cost Control sebagai tanggal INVENTORY CLOSING maka tidak boleh ada transaksi yang masuk pada tanggal tersebut.
3.     Entry SR/Issueing (FB / Material) oleh user Store / Cost Control (tergantung kesepakatan)
4.     Selalu cetak Store Requisition Docket (FB / Material) à cek hingga benar
5.     Selalu cetak Store Requisition Report (FB / Material) à cek hingga benar
5.     Setelah benar dan cocok à Validasi/OK transaksi Store Requesition tersebut lewat module STORE à ISSUEING & TRANSFER dan jangan ditunda-tunda
6.     Jika proses diatas sudah benar dan telah dijalankan maka komponen Store Requisition pada Daily FB Flash dan Report Reconciliation sudah benar
7.     Isian Form Store Requesition :
SOURCE             : isi dengan STORE tempat penyimpanan barang yang akan dikeluarkan tersebut
MARK FOR          : isi dengan tujuan Department yang ambil barang tersebut
ALLOCATION      : isi dengan alokasi biaya dari Department tersebut
DATE                 : isi dengan tanggal pengeluaran barang
REFERENCE#      : isi dengan No SR manual (jika alokasi biayanya banyak maka SR tersebut harus dipecah sesuai dengan Alokasi biayanya, jadi No SR manual ditambah a, b , c dst)
REMARK             : isi berdasarkan keterangan yang ada atau disesuaikan dengan barangnya.

PROSEDUR PEMBUATAN STORE TRANSFER SECARA HARIAN:
1.     Semua proses ini harus dilakukan secara harian agar laporan DAILY FB FLASH dapat dicetak secara benar
2.     Entry Transaksi Store Transfer tidak boleh pada tanggal akhir bulan, contoh: jika ada transaksi Store Transfer pada tanggal: 31 Januari, maka transaksi Store Transfer tersebut harus dimundurkan tanggalnya ke tanggal: 30 Januari atau dimajukan ke tanggal: 01 Februari. (tergantung kesepakatan) karena untuk tanggal akhir bulan akan digunakan oleh Cost Control sebagai tanggal INVENTORY CLOSING maka tidak boleh ada transaksi yang masuk pada tanggal tersebut
3.     Entry STORE TRANSFER (FB / Material) oleh user Store / Cost Control (tergantung kesepakatan)
4.     Selalu cetak Store Transfer Docket (FB / Material) à cek hingga benar
5.     Selalu cetak Store Transfer Report (FB / Material) à cek hingga benar
6.     Setelah benar dan cocok à Validasi/OK transaksi Store Transfer tersebut lewat module STORE à ISSUEING & TRANSFER dan jangan ditunda-tunda
7.     Jika proses diatas sudah benar dan telah dijalankan maka komponen Store Transfer pada Daily FB Flash dan Report Reconciliation sudah benar
8.     Isian Form Store Transfer :
SOURCE             : isi STORE asal tempat penyimpanan barang yang akan dikeluarkan tersebut
MARK FOR          : isi STORE tujuan tempat penyimpanan barang yang akan dikeluarkan tersebut
DATE                 : isi dengan tanggal pengeluaran barang
REFERENCE#      : isi dengan No Store Transfer manual
REMARK             : isi berdasarkan keterangan yang ada pada Store Transfer manualnya

PROSEDUR IMPORT BILL COMPLIMENT OFFICER CHECK / ENTERTAINMENT DAN ALOKASI BIAYA:
1.     Semua proses ini harus dilakukan secara harian agar laporan DAILY FB FLASH dapat dicetak secara benar
2.     Import data Compliment Officer Check / Entertainment yang di Entry pada POS dan di CLOSING COMPLIMENT, jika tidak di entry di POS harus di Entry manual.
3.     Alokasikan biaya Officer Check tersebut ke pos biaya masing-masing department
4.     Selalu cetak Officer Check Daily à cek hingga benar
5.     Setelah benar dan cocok à Validasi/Flag data F.O.C Allocation List (Free Of Charge Bill) lewat COST OF F.O.C. BILL ALLOCATION dan jangan ditunda-tunda
6.     Jika proses diatas sudah benar dan telah dijalankan maka komponen Compliment Officer Check / Entertainment pada Daily FB Flash dan Report Reconciliation sudah benar
7.     Isian Form Alokasi COMPLIMENT :
COST OF ALOCATION FOC BILLS FOR : isi dengan tanggal transaksi Compliment yang akan diimport.
DESCRIPTION : isi dengan à FOOD COMPLIMENT 31-10-2002 (untuk Compliment FOOD pada tanggal 31 Oktober 2002) atau à BEVERAGE COMPLIMENT 01-11-2002 (untuk Compliment BEVERAGE pada tanggal 01 November 2002)
Lanjutkan dengan menekan tombol Import (F5) maka akan muncul data transaksi COMPLIMENT dari POS

PROSEDUR COST CONTROL JOURNAL HARIAN:
1.     Semua proses ini harus dilakukan secara harian
2.     Selalu cetak Cost Control Daily Journal Report à cek hingga benar (dicocokan dengan laporan Store Requisition, Store Transfer dan Compliment Officer Check)
3.     Selalu cetak Cost Control Daily Journal Summary à cek hingga benar (cocokan dengan Cost Control Daily Journal Report)
4.     Setelah benar dan cocok semua transaksi à Validasi/Flag data COST JOURNAL dan jangan ditunda-tunda (agar bisa diimport oleh module General Ledger)
5.     Semua data Cost Journal sudah dapat di Import oleh Bookkeeper (module General Ledger)
6.     Isian Form Cost Journal :
DATE           : isi dengan tanggal journal
REMARK-1    : isi dengan keterangan dari journal tersebut contoh à CLOSING ST01 NOV02
REMARK-2    : isi dengan keterangan dari journal tersebut contoh à CLOSING FOOD ST01 NOV02

PROSEDUR IMPORT SALES DARI POS :
1.     Import nilai SALES yang secara otomatis diambil dari module POS, proses ini harus dilakukan secara harian agar laporan DAILY FB FLASH dapat dicetak secara benar
2.     Cetak dan Cek laporan Daily Sales Cost  hingga benar
3.     Jika proses diatas sudah benar dan telah dijalankan maka komponen SALES pada Daily FB Flash dan Report Reconciliation sudah benar
4.     Isian Form Import SALES :
DEPARTMENT         : isi dengan POS yang akan diimport nilai SALES-nya
YEAR / MONTH       : isi dengan tahun / bulan yang akan diimport
GROUP OF             : isi dengan Group of FOOD, BEVERAGE atau OTHERS (Other+Sundry jadi satu)
Jika kita menekan tombol Import (F5) maka akan muncul :
IMPORT DATA FOR DATE : isi dengan tanggal yang akan diimport

PROSEDUR AKHIR BULAN UNTUK STOCK OPNAME:
Untuk Stock Opname dan Procedure Closing Akhir Bulan dibuatkan prosedur secara terpisah


PROCEDURE HARIAN GENERAL CASHIER

PROSEDUR HARIAN IMPORT DAN CROSS CHEK DATA GENERAL CASHIER :
1.     Semua proses ini harus dilakukan secara harian agar dapat menghasilkan laporan Cashier yang benar
1.     Import transaksi Journal dari masing-masing module dan data journal yang bisa di import oleh modul General Cashier adalah journal yang sudah di FLAG oleh masing–masing modul.
2.     Entry journal dengan Source CS – CASH  sesuai dengan nilai Nominal CASH/BANK yang diterima per-hari à ingat cetak laporan GL Daily Journal Report (Source) setiap hari
3.     Cetak juga laporan GL Subsidiary Account untuk laporan harian Cash/Bank secara harian
4.     Cek semua laporan yang berhubungan dengan Cash yaitu AP Daily Journal Report (Pengeluaran AP-Clearance), AR Daily Journal Report (Penerimaan AR-Clearance) dan Sales Daily Journal Report (Penerimaan Cash-Clearance dari FO dan FB Cashier) dan lakukan Adjustment hingga benar
5.     Ingat ..!! Untuk nilai AP Clearance, AR Clearance dan Cash Sales Clearance setiap harinya harus Nol (Zero) jika tidak Nol maka kemungkinan ada salah entry Journal, à ini menandakan bahwa physic/nominal uang yang diterima oleh General Cashier dari nilai penjualan Cash, penerimaan dan pengeluaran dari masing-masing module telah cocok

PROCEDURE HARIAN GENERAL LEDGER

PROSEDUR GENERAL CASHIER JOURNAL HARIAN (UNTUK TRANSAKSI YANG ENTRY MANUAL) :
1.     Semua proses ini harus dilakukan secara harian sesuai dengan transaksi yang ada
2.     Selalu cetak G/L Daily Journal Report à cek hingga benar
3.     Selalu cetak G/L Daily Journal Summary à cek hingga benar
4.     Isian Form Ledger Journal :
SOURCE           : isi dengan CS – CASH
DATE               : isi dengan tanggal journal
BATCH#           : isi dengan angka Nol (0)
REFERENCE#    : isi sesuai dengan transaksi manual / JV# manua yang ada (atau pakai BKM=Bukti Kas Masuk, BKK=Bukti Kas Keluar, BBM=Bukti Bank Masuk atau BBK=Bukti Bank Keluar dan ditambahkan dengan tanggal contoh à BKK 011202 (Bukti Bank Keluar tanggal 01 Desember 2002)
REMARK-1         : isi sesuai dengan Reference diatas contoh à TRANS  01-12-2002
REMARK-2         : isi dengan keterangan dari journal tersebut contoh à BCA TGL 01/12/02

PROSEDUR GENERAL LEDGER:
General Ledger sudah tidak perlu lagi melakukan proses CLOSING, baik closing bulanan ataupun closing Fiscal/ tahunan, dan prosedur yang harus dilakukan oleh Bookkeeper adalah sbb :
1.     G/L hanya mengimport data-data journal yang sudah di-hasilkan oleh masing-masing module yang ada pada SISTEM BITS Back Office.
2.     Data journal yang bisa di import oleh modul General Ledger adalah journal yang telah di-FLAG oleh masing–masing modul.
3.     Untuk melihat journal yang telah masuk è tentukan Journal List For yang akan di-view dan juga View For-nya
Opened view journal yang belum di lock à journal masih bisa di edit.
Locked view journal yang sudah di lock à journal sudah tidak bisa di edit lagi.
New à untuk membuat journal baru.
Delete à untuk menghapus journal yang sudah ada dan statusnya masih open belum lock.
Edit à untuk elakukan koreksi atau perubahan journal yang statusnya masih opened, jika melakukan perubahan / koreksi harus di-save kembali.
Import à untuk mengambil data journal dari masing-masing modul di-Back Office yang sudah di flag.
Export à untuk mengirim Journal G/L ke-Database server lain.
Lock/Flag à untuk mengunci journal agar tidak bisa di Edit / dihapus.

PROSEDUR GENERAL LEDGER JOURNAL (UNTUK TRANSAKSI YANG ENTRY MANUAL) :
1.     Semua proses ini harus dilakukan sesuai dengan tanggal transaksi yang ada
2.     Selalu cetak G/L Daily Journal Report à cek hingga benar
3.     Selalu cetak G/L Daily Journal Summary à cek hingga benar
4.     Isian Form Ledger Journal :
SOURCE           : isi dengan GL – GENERAL LEDGER
DATE               : isi dengan tanggal journal
REFERENCE#    : isi sesuai dengan transaksi manual / JV# manua yang ada contoh à PAY-DEC02
BATCH#           : isi dengan angka Nol (0)
REMARK-1         : isi sesuai dengan Reference diatas contoh à TRANS PAYROLL DECEMBER 2002
REMARK-2         : isi dengan keterangan dari journal tersebut contoh à SALARY FB DEPARTMENT

PROSEDUR JOURNAL HARIAN DI GENERAL LEDGER:
Bookkeeper atau General Ledger hanya melakukan Balancing Journal berdasarkan Source Code yang ada :
1.     SOURCE SL : SALES JOURNAL / INCOME AUDIT (REVENUE JOURNAL)
Setelah Income Auditor melakukan proses "Flag Journal" maka journal-journal tersebut akan langsung bisa di-import oleh General Ledger.
*         Cocokkan dengan laporan Daily Sales Journal dari modul Sales/Income Audit
*         Cocokkan juga dengan laporan harian dari A/R (Daily A/R Transaction, Daily A/R Journal)
*         Jika sudah benar lakukan Cross Check dengan Journal Cash "Receipt" yang dibuat oleh General Cashier, dan journalnya adalah:
          Dr           Cr
Cash…                                   xx.xxx,-
           Cash Clearance                          xx.xxx,-
*         Balance dari Account Cash Clearance harus 0 (Zero) yang menandakan bahwa physic uang yang diterima oleh General Cashier dari penjualan Cash dengan Sales Journal adalah cocok
*         Proses balancing untuk sales journal selesai
*
2.    SOURCE AR : ACCOUNT RECEIVABLE JOURNAL
ü  RECEIPT
Setelah A/R melakukan proses "Flag Journal Receipt" maka journal penerimaan pembayaran yang bisa diperoleh oleh General Ledger.
*         Cocokkan dengan laporan penerimaan pembayaran harian A/R (Daily A/R Receipt, Daily A/R Journal)
*         Jika sudah benar lakukan Cross Check dengan Journal Cash "Receipt" yang dibuat oleh General Cashier, dan journalnya adalah:
          Dr           Cr
Cash…  xx.xxx,-
           Cash Clearance                          xx.xxx,-
*         Balance dari Account A/R Clearance harus 0 ( Zero ) yang menandakan bahwa physic uang yang diterima dari pembayaran A/R sudah cocok dengan kartu A/R customer bersangkutan.
*         Proses balancing untuk pembayaran A/R selesai
*
ü  DEBIT NOTE (DN) dan CREDIT NOTE (CN)
*         Khusus untuk DN dan CN di A/R, system tidak mengeluarkan journal, karena itu harus dibuatkan journal dalam satu Journal Voucher oleh A/R sesuai dengan transaksi yang sebenarnya, dan journal ini di-entry lewat submenu "A/R Journals"
*         Jika proses journal tersebut dilakukan oleh A/R Clerk, maka pada saat proses Flag Journal, maka General Ledger akan menerima journal DN atau CN tersebut, dan journal yang di import oleh General Ledger adalah:
            CREDIT NOTE (CN)
                                                              Dr           Cr
Revenue / …??                          xx.xxx,-
           City Ledger                                xx.xxx,-
            DEBET NOTE (DN)
                                                              Dr           Cr
City Ledger                               xx.xxx,-
           Revenue / … ??                          xx.xxx,-
*         Cocokkan laporan Daily A/R Journal tersebut dengan laporan Daily A/R Transaction untuk code DN atau CN, jika sudah benar maka General Ledger hanya mengecek supporting report dari A/R saja
*         Jika proses journal dilakukan oleh General Ledger karena keterbatasan dari A/R staff, maka berdasarkan laporan Daily A/R Transaction (DN/CN), maka General Ledger harus membuatkan journalnya lewat menu G/L, atau bisa juga entry Journalnya di masukkan lewat menu Sales/Income oleh staff Income Audit hal ini untuk memudahkan karena segala transaksi PIUTANG selalu berhubungan dengan Income/Revenue
*         Proses balancing untuk DN dan CN A/R selesai

ü  A/R DEPOSIT RECEIPT MELALUI BANK TRANSFER
            (Asumsi: Deposit tidak diposting di SISTEM FO, namun diakui oleh SISTEM BO saja)
*         Cocokkan dengan laporan penerimaan Transfer Deposit dan biasanya A/R staff meng-entry transaksi tersebut dengan kode CN (Credit Note) [ingat untuk kasus seperti ini A/R tidak membuat Journal, yang membuat Journal adalah General Cashier lewat module G/L Journal]
*         Jika sudah benar lakukan Cross Check dengan Journal Cash/Bank "Receipt/Transfer Deposit" yang dibuat oleh General Cashier, dan journalnya adalah:
          Dr           Cr
Bank Deposit                          xx.xxx,-
Cash On Hand                        xx.xxx,-
           City Ledger                                xx.xxx,-
*         Proses balancing untuk A/R Deposit Receipt melalui Bank transfer selesai.

3.      SOURCE AP : ACCOUNTS PAYABLE JOURNAL / RECEIVING
ü  RECEIVING
Setelah A/P melakukan proses "Flag Journal" maka journal yang bisa di-import oleh General Ledger adalah:
                                                                                     Dr         Cr
Inventory (F/B/O/M) / Cost …                             xx.xxx,-
                  A/P Trade (setup Vendor)                                   xx.xxx,-
*         Cocokkan dengan laporan Daily Receiving Record
*         Cocokkan juga dengan laporan Daily A/P Transaction
*         Proses balancing untuk Receiving dan A/P control selesai

ü  A/P PAYMENT
Setelah A/P melakukan proses "Flag Journal" maka journal yang bisa di-import oleh General Ledger adalah:
                                                                               Dr         Cr
A/P Trade (setup Vendor)                                xx.xxx,-
                  A/P Clearance                                                   xx.xxx,-
*         Cocokkan dengan laporan Daily A/P Payment
*         Jika sudah benar lakukan Cross Check dengan Journal Cash / Bank "Payment" yang dibuat oleh General Cashier, dan journalnya adalah:
          Dr           Cr
A/P Clearance                         xx.xxx,-
                                                                  Cash / Bank                    xx.xxx,-
*         Balance dari Account A/P Clearance harus 0 (Zero) yang menandakan bahwa Cash/Bank yang dikeluarkan oleh General Cashier sudah sesuai dengan A/P Payment pada kartu A/P supplier bersangkutan.
*         Proses balancing untuk pelunasan A/P control selesai.
*
4.      SOURCE CC : COST CONTROL JOURNAL
ü  Untuk Cost Control Journal, Bookkeeper hanya mencocokkan laporan subsdiary harian dari masing-masing pos (FB, Material) dengan journal yang telah diimport setelah dilakukan "Flag Journal" oleh modul Cost Control.
ü  Tidak ada proses clearance journal untuk modul ini.
ü  Proses balancing untuk Cost Control selesai.
ü
5.     SOURCE CS : CASH JOURNAL / GENERAL CASHIER
*         Journal ini asalnya dari journal hasil entry manual dari user General Cashier, seperti journal pembayaran, penerimaan Bank / Cash, dll
*         Di-Entry manual oleh General Cashier dengan menggunakan Source Journal 'CS - CASH'
*         Biasanya di-entry setiap hari sesuai dengan transaksi yang terjadi.
*         Proses Selesai.

6.     SOURCE PC : PURCHASE JOURNAL
*         Source Journal ini hanya digunakan jika module Purchasing dan Receiving tidak digunakan
*         Jika ada pembelian bookkeeper harus entry manual menggunakan Source Journal 'PC - PURCHASE'
*         Biasanya di-entry sesuai dengan transaksi yang terjadi setiap harinya.
*         Proses Selesai.

7.     SOURCE GL : GENERAL JOURNAL
*         Journal ini asalnya dari journal entry yang timbul selain dari source journal (1-6) contohnya : gaji, selisih bank, dll
*         Di-Entry manual oleh Bookkeeper dengan mengisi Source Journal 'GL - GENERAL'
*         Biasanya dilakukan untuk setiap akhir bulan.
*         Proses Selesai.

8.     SOURCE AD : ADJUSTMENT JOURNAL
*         Journal ini asalnya dari journal yang di Entry secara manual oleh Bookkeeper jika ada journal-journal penyesuaian
*         Di-entry oleh Bookkeeper dengan menggunakan Source Journal 'AD - ADJUSTMENT'
*         Dan system akan membuat kalkulasi Ending Balance yang With Adjustment Journal atau Without Adjusment Journal.PROSEDUR GENERAL LEDGER:
General Ledger sudah tidak perlu lagi melakukan proses CLOSING, baik closing bulanan ataupun closing Fiscal/ tahunan, dan prosedur yang harus dilakukan oleh Bookkeeper adalah sbb :
1.     G/L hanya mengimport data-data journal yang sudah di-hasilkan oleh masing-masing module yang ada pada SISTEM BITS Back Office.
2.     Data journal yang bisa di import oleh modul General Ledger adalah journal yang telah di-FLAG oleh masing–masing modul.
3.     Untuk melihat journal yang telah masuk è tentukan Journal List For yang akan di-view dan juga View For-nya
Opened view journal yang belum di lock à journal masih bisa di edit.
Locked view journal yang sudah di lock à journal sudah tidak bisa di edit lagi.
New à untuk membuat journal baru.
Delete à untuk menghapus journal yang sudah ada dan statusnya masih open belum lock.
Edit à untuk elakukan koreksi atau perubahan journal yang statusnya masih opened, jika melakukan perubahan / koreksi harus di-save kembali.
Import à untuk mengambil data journal dari masing-masing modul di-Back Office yang sudah di flag.
Export à untuk mengirim Journal G/L ke-Database server lain.
Lock/Flag à untuk mengunci journal agar tidak bisa di Edit / dihapus.

PROSEDUR GENERAL LEDGER JOURNAL

(UNTUK TRANSAKSI YANG ENTRY MANUAL) :
1.     Semua proses ini harus dilakukan sesuai dengan tanggal transaksi yang ada
2.     Selalu cetak G/L Daily Journal Report à cek hingga benar
3.     Selalu cetak G/L Daily Journal Summary à cek hingga benar
4.     Isian Form Ledger Journal :
SOURCE           : isi dengan GL – GENERAL LEDGER
DATE               : isi dengan tanggal journal
REFERENCE#    : isi sesuai dengan transaksi manual / JV# manua yang ada contoh à PAY-DEC02
BATCH#           : isi dengan angka Nol (0)
REMARK-1         : isi sesuai dengan Reference diatas contoh à TRANS PAYROLL DECEMBER 2002
REMARK-2         : isi dengan keterangan dari journal tersebut contoh à SALARY FB DEPARTMENT

PROSEDUR JOURNAL HARIAN DI GENERAL LEDGER:
Bookkeeper atau General Ledger hanya melakukan Balancing Journal berdasarkan Source Code yang ada :
1.     SOURCE SL : SALES JOURNAL / INCOME AUDIT (REVENUE JOURNAL)
Setelah Income Auditor melakukan proses "Flag Journal" maka journal-journal tersebut akan langsung bisa di-import oleh General Ledger.
*         Cocokkan dengan laporan Daily Sales Journal dari modul Sales/Income Audit
*         Cocokkan juga dengan laporan harian dari A/R (Daily A/R Transaction, Daily A/R Journal)
*         Jika sudah benar lakukan Cross Check dengan Journal Cash "Receipt" yang dibuat oleh General Cashier, dan journalnya adalah:
          Dr           Cr
Cash…                                   xx.xxx,-
           Cash Clearance                          xx.xxx,-
*         Balance dari Account Cash Clearance harus 0 (Zero) yang menandakan bahwa physic uang yang diterima oleh General Cashier dari penjualan Cash dengan Sales Journal adalah cocok
*         Proses balancing untuk sales journal selesai
*
2.    SOURCE AR : ACCOUNT RECEIVABLE JOURNAL
ü  RECEIPT
Setelah A/R melakukan proses "Flag Journal Receipt" maka journal penerimaan pembayaran yang bisa diperoleh oleh General Ledger.
*         Cocokkan dengan laporan penerimaan pembayaran harian A/R (Daily A/R Receipt, Daily A/R Journal)
*         Jika sudah benar lakukan Cross Check dengan Journal Cash "Receipt" yang dibuat oleh General Cashier, dan journalnya adalah:
          Dr           Cr
Cash…  xx.xxx,-
           Cash Clearance                          xx.xxx,-
*         Balance dari Account A/R Clearance harus 0 ( Zero ) yang menandakan bahwa physic uang yang diterima dari pembayaran A/R sudah cocok dengan kartu A/R customer bersangkutan.
*         Proses balancing untuk pembayaran A/R selesai
*
ü  DEBIT NOTE (DN) dan CREDIT NOTE (CN)
*         Khusus untuk DN dan CN di A/R, system tidak mengeluarkan journal, karena itu harus dibuatkan journal dalam satu Journal Voucher oleh A/R sesuai dengan transaksi yang sebenarnya, dan journal ini di-entry lewat submenu "A/R Journals"
*         Jika proses journal tersebut dilakukan oleh A/R Clerk, maka pada saat proses Flag Journal, maka General Ledger akan menerima journal DN atau CN tersebut, dan journal yang di import oleh General Ledger adalah:
            CREDIT NOTE (CN)
                                                              Dr           Cr
Revenue / …??                          xx.xxx,-
           City Ledger                                xx.xxx,-
            DEBET NOTE (DN)
                                                              Dr           Cr
City Ledger                               xx.xxx,-
           Revenue / … ??                          xx.xxx,-
*         Cocokkan laporan Daily A/R Journal tersebut dengan laporan Daily A/R Transaction untuk code DN atau CN, jika sudah benar maka General Ledger hanya mengecek supporting report dari A/R saja
*         Jika proses journal dilakukan oleh General Ledger karena keterbatasan dari A/R staff, maka berdasarkan laporan Daily A/R Transaction (DN/CN), maka General Ledger harus membuatkan journalnya lewat menu G/L, atau bisa juga entry Journalnya di masukkan lewat menu Sales/Income oleh staff Income Audit hal ini untuk memudahkan karena segala transaksi PIUTANG selalu berhubungan dengan Income/Revenue
*         Proses balancing untuk DN dan CN A/R selesai

ü  A/R DEPOSIT RECEIPT MELALUI BANK TRANSFER
            (Asumsi: Deposit tidak diposting di SISTEM FO, namun diakui oleh SISTEM BO saja)
*         Cocokkan dengan laporan penerimaan Transfer Deposit dan biasanya A/R staff meng-entry transaksi tersebut dengan kode CN (Credit Note) [ingat untuk kasus seperti ini A/R tidak membuat Journal, yang membuat Journal adalah General Cashier lewat module G/L Journal]
*         Jika sudah benar lakukan Cross Check dengan Journal Cash/Bank "Receipt/Transfer Deposit" yang dibuat oleh General Cashier, dan journalnya adalah:
          Dr           Cr
Bank Deposit                          xx.xxx,-
Cash On Hand                        xx.xxx,-
           City Ledger                                xx.xxx,-
*         Proses balancing untuk A/R Deposit Receipt melalui Bank transfer selesai.

3.      SOURCE AP : ACCOUNTS PAYABLE JOURNAL / RECEIVING
ü  RECEIVING
Setelah A/P melakukan proses "Flag Journal" maka journal yang bisa di-import oleh General Ledger adalah:
                                                                                     Dr         Cr
Inventory (F/B/O/M) / Cost …                             xx.xxx,-
                  A/P Trade (setup Vendor)                                   xx.xxx,-
*         Cocokkan dengan laporan Daily Receiving Record
*         Cocokkan juga dengan laporan Daily A/P Transaction
*         Proses balancing untuk Receiving dan A/P control selesai

ü  A/P PAYMENT
Setelah A/P melakukan proses "Flag Journal" maka journal yang bisa di-import oleh General Ledger adalah:
                                                                               Dr         Cr
A/P Trade (setup Vendor)                                xx.xxx,-
                  A/P Clearance                                                   xx.xxx,-
*         Cocokkan dengan laporan Daily A/P Payment
*         Jika sudah benar lakukan Cross Check dengan Journal Cash / Bank "Payment" yang dibuat oleh General Cashier, dan journalnya adalah:
          Dr           Cr
A/P Clearance                         xx.xxx,-
                                                                  Cash / Bank                    xx.xxx,-
*         Balance dari Account A/P Clearance harus 0 (Zero) yang menandakan bahwa Cash/Bank yang dikeluarkan oleh General Cashier sudah sesuai dengan A/P Payment pada kartu A/P supplier bersangkutan.
*         Proses balancing untuk pelunasan A/P control selesai.
*
4.      SOURCE CC : COST CONTROL JOURNAL
ü  Untuk Cost Control Journal, Bookkeeper hanya mencocokkan laporan subsdiary harian dari masing-masing pos (FB, Material) dengan journal yang telah diimport setelah dilakukan "Flag Journal" oleh modul Cost Control.
ü  Tidak ada proses clearance journal untuk modul ini.
ü  Proses balancing untuk Cost Control selesai.
ü
5.     SOURCE CS : CASH JOURNAL / GENERAL CASHIER
*         Journal ini asalnya dari journal hasil entry manual dari user General Cashier, seperti journal pembayaran, penerimaan Bank / Cash, dll
*         Di-Entry manual oleh General Cashier dengan menggunakan Source Journal 'CS - CASH'
*         Biasanya di-entry setiap hari sesuai dengan transaksi yang terjadi.
*         Proses Selesai.

6.     SOURCE PC : PURCHASE JOURNAL
*         Source Journal ini hanya digunakan jika module Purchasing dan Receiving tidak digunakan
*         Jika ada pembelian bookkeeper harus entry manual menggunakan Source Journal 'PC - PURCHASE'
*         Biasanya di-entry sesuai dengan transaksi yang terjadi setiap harinya.
*         Proses Selesai.

7.     SOURCE GL : GENERAL JOURNAL
*         Journal ini asalnya dari journal entry yang timbul selain dari source journal (1-6) contohnya : gaji, selisih bank, dll
*         Di-Entry manual oleh Bookkeeper dengan mengisi Source Journal 'GL - GENERAL'
*         Biasanya dilakukan untuk setiap akhir bulan.
*         Proses Selesai.

8.     SOURCE AD : ADJUSTMENT JOURNAL
*         Journal ini asalnya dari journal yang di Entry secara manual oleh Bookkeeper jika ada journal-journal penyesuaian
*         Di-entry oleh Bookkeeper dengan menggunakan Source Journal 'AD - ADJUSTMENT'
*         Dan system akan membuat kalkulasi Ending Balance yang With Adjustment Journal atau Without Adjusment Journal.







PROSEDUR GENERAL LEDGER:
General Ledger sudah tidak perlu lagi melakukan proses CLOSING, baik closing bulanan ataupun closing Fiscal/ tahunan, dan prosedur yang harus dilakukan oleh Bookkeeper adalah sbb :
1.     G/L hanya mengimport data-data journal yang sudah di-hasilkan oleh masing-masing module yang ada pada SISTEM BITS Back Office.
2.     Data journal yang bisa di import oleh modul General Ledger adalah journal yang telah di-FLAG oleh masing–masing modul.
3.     Untuk melihat journal yang telah masuk è tentukan Journal List For yang akan di-view dan juga View For-nya
Opened view journal yang belum di lock à journal masih bisa di edit.
Locked view journal yang sudah di lock à journal sudah tidak bisa di edit lagi.
New à untuk membuat journal baru.
Delete à untuk menghapus journal yang sudah ada dan statusnya masih open belum lock.
Edit à untuk elakukan koreksi atau perubahan journal yang statusnya masih opened, jika melakukan perubahan / koreksi harus di-save kembali.
Import à untuk mengambil data journal dari masing-masing modul di-Back Office yang sudah di flag.
Export à untuk mengirim Journal G/L ke-Database server lain.
Lock/Flag à untuk mengunci journal agar tidak bisa di Edit / dihapus.

PROSEDUR GENERAL LEDGER JOURNAL (UNTUK TRANSAKSI YANG ENTRY MANUAL) :
1.     Semua proses ini harus dilakukan sesuai dengan tanggal transaksi yang ada
2.     Selalu cetak G/L Daily Journal Report à cek hingga benar
3.     Selalu cetak G/L Daily Journal Summary à cek hingga benar
4.     Isian Form Ledger Journal :
SOURCE           : isi dengan GL – GENERAL LEDGER
DATE               : isi dengan tanggal journal
REFERENCE#    : isi sesuai dengan transaksi manual / JV# manua yang ada contoh à PAY-DEC02
BATCH#           : isi dengan angka Nol (0)
REMARK-1         : isi sesuai dengan Reference diatas contoh à TRANS PAYROLL DECEMBER 2002
REMARK-2         : isi dengan keterangan dari journal tersebut contoh à SALARY FB DEPARTMENT

PROSEDUR JOURNAL HARIAN DI GENERAL LEDGER:
Bookkeeper atau General Ledger hanya melakukan Balancing Journal berdasarkan Source Code yang ada :
1.     SOURCE SL : SALES JOURNAL / INCOME AUDIT (REVENUE JOURNAL)
Setelah Income Auditor melakukan proses "Flag Journal" maka journal-journal tersebut akan langsung bisa di-import oleh General Ledger.
*         Cocokkan dengan laporan Daily Sales Journal dari modul Sales/Income Audit
*         Cocokkan juga dengan laporan harian dari A/R (Daily A/R Transaction, Daily A/R Journal)
*         Jika sudah benar lakukan Cross Check dengan Journal Cash "Receipt" yang dibuat oleh General Cashier, dan journalnya adalah:
          Dr           Cr
Cash…                                   xx.xxx,-
           Cash Clearance                          xx.xxx,-
*         Balance dari Account Cash Clearance harus 0 (Zero) yang menandakan bahwa physic uang yang diterima oleh General Cashier dari penjualan Cash dengan Sales Journal adalah cocok
*         Proses balancing untuk sales journal selesai
*
2.    SOURCE AR : ACCOUNT RECEIVABLE JOURNAL
ü  RECEIPT
Setelah A/R melakukan proses "Flag Journal Receipt" maka journal penerimaan pembayaran yang bisa diperoleh oleh General Ledger.
*         Cocokkan dengan laporan penerimaan pembayaran harian A/R (Daily A/R Receipt, Daily A/R Journal)
*         Jika sudah benar lakukan Cross Check dengan Journal Cash "Receipt" yang dibuat oleh General Cashier, dan journalnya adalah:
          Dr           Cr
Cash…  xx.xxx,-
           Cash Clearance                          xx.xxx,-
*         Balance dari Account A/R Clearance harus 0 ( Zero ) yang menandakan bahwa physic uang yang diterima dari pembayaran A/R sudah cocok dengan kartu A/R customer bersangkutan.
*         Proses balancing untuk pembayaran A/R selesai
*
ü  DEBIT NOTE (DN) dan CREDIT NOTE (CN)
*         Khusus untuk DN dan CN di A/R, system tidak mengeluarkan journal, karena itu harus dibuatkan journal dalam satu Journal Voucher oleh A/R sesuai dengan transaksi yang sebenarnya, dan journal ini di-entry lewat submenu "A/R Journals"
*         Jika proses journal tersebut dilakukan oleh A/R Clerk, maka pada saat proses Flag Journal, maka General Ledger akan menerima journal DN atau CN tersebut, dan journal yang di import oleh General Ledger adalah:
            CREDIT NOTE (CN)
                                                              Dr           Cr
Revenue / …??                          xx.xxx,-
           City Ledger                                xx.xxx,-
            DEBET NOTE (DN)
                                                              Dr           Cr
City Ledger                               xx.xxx,-
           Revenue / … ??                          xx.xxx,-
*         Cocokkan laporan Daily A/R Journal tersebut dengan laporan Daily A/R Transaction untuk code DN atau CN, jika sudah benar maka General Ledger hanya mengecek supporting report dari A/R saja
*         Jika proses journal dilakukan oleh General Ledger karena keterbatasan dari A/R staff, maka berdasarkan laporan Daily A/R Transaction (DN/CN), maka General Ledger harus membuatkan journalnya lewat menu G/L, atau bisa juga entry Journalnya di masukkan lewat menu Sales/Income oleh staff Income Audit hal ini untuk memudahkan karena segala transaksi PIUTANG selalu berhubungan dengan Income/Revenue
*         Proses balancing untuk DN dan CN A/R selesai

ü  A/R DEPOSIT RECEIPT MELALUI BANK TRANSFER
            (Asumsi: Deposit tidak diposting di SISTEM FO, namun diakui oleh SISTEM BO saja)
*         Cocokkan dengan laporan penerimaan Transfer Deposit dan biasanya A/R staff meng-entry transaksi tersebut dengan kode CN (Credit Note) [ingat untuk kasus seperti ini A/R tidak membuat Journal, yang membuat Journal adalah General Cashier lewat module G/L Journal]
*         Jika sudah benar lakukan Cross Check dengan Journal Cash/Bank "Receipt/Transfer Deposit" yang dibuat oleh General Cashier, dan journalnya adalah:
          Dr           Cr
Bank Deposit                          xx.xxx,-
Cash On Hand                        xx.xxx,-
           City Ledger                                xx.xxx,-
*         Proses balancing untuk A/R Deposit Receipt melalui Bank transfer selesai.

3.      SOURCE AP : ACCOUNTS PAYABLE JOURNAL / RECEIVING
ü  RECEIVING
Setelah A/P melakukan proses "Flag Journal" maka journal yang bisa di-import oleh General Ledger adalah:
                                                                                     Dr         Cr
Inventory (F/B/O/M) / Cost …                             xx.xxx,-
                  A/P Trade (setup Vendor)                                   xx.xxx,-
*         Cocokkan dengan laporan Daily Receiving Record
*         Cocokkan juga dengan laporan Daily A/P Transaction
*         Proses balancing untuk Receiving dan A/P control selesai

ü  A/P PAYMENT
Setelah A/P melakukan proses "Flag Journal" maka journal yang bisa di-import oleh General Ledger adalah:
                                                                               Dr         Cr
A/P Trade (setup Vendor)                                xx.xxx,-
                  A/P Clearance                                                   xx.xxx,-
*         Cocokkan dengan laporan Daily A/P Payment
*         Jika sudah benar lakukan Cross Check dengan Journal Cash / Bank "Payment" yang dibuat oleh General Cashier, dan journalnya adalah:
          Dr           Cr
A/P Clearance                         xx.xxx,-
                                                                  Cash / Bank                    xx.xxx,-
*         Balance dari Account A/P Clearance harus 0 (Zero) yang menandakan bahwa Cash/Bank yang dikeluarkan oleh General Cashier sudah sesuai dengan A/P Payment pada kartu A/P supplier bersangkutan.
*         Proses balancing untuk pelunasan A/P control selesai.
*
4.      SOURCE CC : COST CONTROL JOURNAL
ü  Untuk Cost Control Journal, Bookkeeper hanya mencocokkan laporan subsdiary harian dari masing-masing pos (FB, Material) dengan journal yang telah diimport setelah dilakukan "Flag Journal" oleh modul Cost Control.
ü  Tidak ada proses clearance journal untuk modul ini.
ü  Proses balancing untuk Cost Control selesai.
ü
5.     SOURCE CS : CASH JOURNAL / GENERAL CASHIER
*         Journal ini asalnya dari journal hasil entry manual dari user General Cashier, seperti journal pembayaran, penerimaan Bank / Cash, dll
*         Di-Entry manual oleh General Cashier dengan menggunakan Source Journal 'CS - CASH'
*         Biasanya di-entry setiap hari sesuai dengan transaksi yang terjadi.
*         Proses Selesai.

6.     SOURCE PC : PURCHASE JOURNAL
*         Source Journal ini hanya digunakan jika module Purchasing dan Receiving tidak digunakan
*         Jika ada pembelian bookkeeper harus entry manual menggunakan Source Journal 'PC - PURCHASE'
*         Biasanya di-entry sesuai dengan transaksi yang terjadi setiap harinya.
*         Proses Selesai.

7.     SOURCE GL : GENERAL JOURNAL
*         Journal ini asalnya dari journal entry yang timbul selain dari source journal (1-6) contohnya : gaji, selisih bank, dll
*         Di-Entry manual oleh Bookkeeper dengan mengisi Source Journal 'GL - GENERAL'
*         Biasanya dilakukan untuk setiap akhir bulan.
*         Proses Selesai.

8.     SOURCE AD : ADJUSTMENT JOURNAL
*         Journal ini asalnya dari journal yang di Entry secara manual oleh Bookkeeper jika ada journal-journal penyesuaian
*         Di-entry oleh Bookkeeper dengan menggunakan Source Journal 'AD - ADJUSTMENT'
*         Dan system akan membuat kalkulasi Ending Balance yang With Adjustment Journal atau Without Adjusment Journal.


PROCEDUR HARIAN PURCHASING

PROSEDUR DAILY PURCHASING :
1.     Semua proses pembuatan PO harus dilakukan secara harian (sesuai dengan PR) agar PO yang dicetak dapat dikirim ke Vendor/Suplier hari itu juga.
2.     Entry data PO tidak boleh setelah barang datang atau telah diterima oleh Receiving, jadi jika ingin menggunakan PO maka PO terlebih dahulu dibuat kemudian barang bisa di terima oleh Receiving berdasarkan PO tersebut

FORM ISIAN PO YANG PERLU DIPERHATIKAN :
PO#                  : otomatis dari system
PR#                  : isi sesuai dengan nomer PR manual yang ada
MARK FOR          : isi dengan STORE tempat penyimpanan barang tersebut nantinya
DATE                 : isi dengan tanggal PO yang akan buat
VENDOR             : isi dengan nama VENDOR yang akan mengirimkan barang
PO EXPIRED       : diisi berapa hari PO tersebut akan Expired (isi dalam jumlah hari)
REMARK             : diisi berdasarkan keterangan yang ada pada PR (FOR STOCK/DEPARTMENT)

REPORT-REPORT TAMBAHAN YANG HARUS DICETAK JIKA DIBUTUHKAN:
1.     PURCHASE ORDER DAILY è PO apa saja yang dibuat dalam satu hari tersebut
2.     PURCHASE ORDER OUTSTANDING è PO apa saja yang belum diterima oleh RECEIVING



PROCEDURE HARIAN RECEIVING


PROSEDUR DAILY RECEIVING RECORD:
1.     Semua proses ini harus dilakukan secara harian agar laporan DAILY FB FLASH yang ada di Cost Control dapat dicetak secara benar dan sesaui dengan tanggal transaksi
2.     Entry Transaksi Receiving tidak boleh pada tanggal akhir bulan, contoh: jika ada transaksi receiving pada tanggal: 31 Januari, maka transaksi receiving tersebut harus dimundurkan tanggalnya ke tanggal: 30 Januari atau dimajukan ke tanggal: 01 Februari. (tergantung kesepakatan dengan Cost Control) karena untuk tanggal akhir bulan akan digunakan oleh Cost Control sebagai tanggal INVENTORY CLOSING maka tidak boleh ada transaksi yang masuk pada tanggal tersebut.
3.     Jika dalam satu nota pembelian terdapat ONGKOS ANGKUT / FREIGHT maka harganya langsung dimasukan menjadi satu dengan harga PPN / GST
4.     Untuk barang yang terdapat tambahan harga maka amount-nya langsung ditambahkan dengan harga tersebut.
5.     Untuk barang yang terdapat pengurangan/DISCOUNT harga maka amount-nya langsung dikurangkan dengan Discount dari harga barang tersebut.
6.     Untuk transaksi Receiving yang dikembalikan karena barang rusak atau yang lain (RETURN) maka dapat membuat Transaksi Receiving dengan nilai Qty dan Amount minus.
7.     Untuk barang-barangn yang di Stock / Inventory tidak perlu dialokasikan lagi (F10)
8.     Untuk barang-barang yang akan di Expense / Biaya kan langsung, maka dapat dialokasikan langsung sebagai beban biaya Department yang bersangkutan dengan menggunakan tombol function F10 (alokasi)
9.     Selalu cetak Daily Receiving Docket à cek hingga benar
10.  Setelah itu cetak juga laporan Daily Receiving Record ALL à cek hingga benar
11.  Setelah benar dan cocok serahkan report-report tersebut beserta data pendukungnya ke Cost Control dan A/P

FORM ISIAN RECEIVING YANG PERLU DIPERHATIKAN :
Receiving From Purchase Order à semua otomatis sesuai dengan PO yang ada tinggal menambahkan DO# : … (isi dengan Delivery Order# / Nota# dari pengiriman barang Supplier)
Direct Purchase Memo
DATE                 : isi dengan tanggal penerimaan barang
DO#                  : isi dengan Delivery Order# / Nota# dari pengiriman barang Supplier
VENDOR             : isi dengan nama VENDOR yang mengirimkan barang tersebut
MARK FOR          : isi dengan STORE tempat penyimpanan barang tersebut
REMARK             : isi berdasarkan keterangan yang ada pada PR (FOR STOCK/DEPARTMENT)

REPORT-REPORT TAMBAHAN YANG HARUS DICETAK JIKA DIBUTUHKAN:
1.     PURCHASE BOOK è digunakan untuk cross check dengan transaksi A/P
2.     RECEIVING RECORD SUMMARY è digunakan untuk mengecek oleh Cost Control, barang-barang yang diterima oleh Receiving berdasarkan CLASSIFICATION


PROCEDURE HARIAN SALES / INCOME

PROSEDUR IMPORT HARIAN SALES / INCOME AUDIT:
1.     Income Audit menerima Daily Revenue beserta dokumen pendukungnya dari Night Auditor.
2.     Income Audit menarik / Import data dari Front Office (hasil dari Proses Night Audit) dan akan menghasilkan automatis Journal dari semua traksaksi dari Department Revenue yang ada dan semua proses ini harus dilakukan setiap hari secara berurutan.
3.     Data Journal yang masuk ke Income Audit di Cross Check dengan laporan dari hasil Night Audit antara lain laporan: Daily Revenue, Hotel Operation Balance serta dokumen-dokumen dan data laporan pendukungnya.
4.     Jika terjadi perbaikan journal, bisa melalui Edit atau membuat New Journal untuk koreksi.
5.     Jika ada transaksi Journal yang akan dianggap sebagai ADJUSTMENT journal maka harus journal tersebut harus di Edit dan pada kolom kanan atas ADJUSTMENT ENTRY diberi tanda YES lalu save. Fungsinya agar nilai transaksi journal tersebut akan masuk di kolom Adjustment pada Report Daily Sales Report (Daily Operation Report)
6.     Jika terjadi kesalahan alokasi Account ketika di Import data nya dari Front Office maka check pada module Front Office pada Setup Department Revenue dan sesuaikan dengan Department Revenue yang salah tersebut kemudian di edit pada kolom nomer Account-nya.
7.     Jika ada melakukan koreksi Edit atau penambahan New Journal maka harus dilakukan proses RECALCULATE SALES BALANCE (ada pada menu Option), pilih bulan dan tahunnya.
8.     Sebelum mencetak laporan Daily Sales Report (Daily Operation Report) maka harus masuk dahulu ke SALES BALANCE dan pilih transaksi tanggal berapa yang akan di cetak nantinya.
9.     Selalu cetak laporan Sales Daily Journal dan atas dasar laporan tersebut cetak juga laporan Daily Sales Report (Daily Operation Report) dan lakukan Cross Check hingga benar.
10.  Laporan Sales Daily Journal yang telah direvisi/edit tersebut distribusikan ke module A/R untuk diperiksa dan dicocokkan dengan data dan laporan Piutang yang juga di import oleh A/R dari module Front Office. Laporan ini juga di distribusikan ke module General Cashier untuk mencocokan laporan Cash yang diterima.
11.  Cetak laporan Sales Daily Journal dan Sales Daily Journal Summary untuk didistribusikan ke bagian General Ledger setiap harinya.

PROSEDUR SALES INCOME JOURNAL HARIAN (UNTUK TRANSAKSI YANG ENTRY MANUAL) :
1.     Semua proses ini harus dilakukan secara harian sesuai dengan transaksi yang ada
2.     Selalu cetak Sales Daily Journal Report à cek hingga benar (cek dan cocokan dengan A/R jika ada penambahan Piutang dan A/P jika ada penambahan Hutang)
3.     Selalu cetak Sales Daily Journal Summary à cek hingga benar (cek dan cocokan dengan A/R jika ada penambahan Piutang dan A/P jika ada penambahan Hutang)
4.     Setelah benar dan cocok semua transaksi à Validasi/Flag data SALES JOURNAL dan jangan ditunda-tunda (agar bisa diimport oleh module General Ledger)
5.     Semua data Sales Journal sudah dapat di Import oleh Bookkeeper (module General Ledger)
6.     Isian Form Sales Journal :
DATE               : isi dengan tanggal journal
ADJUSTMENT    : isi Y jika journal Adjustment dan N jika journal biasa.
DEPARTMENT    : isi sesuai dengan Department Revenue yang ada
REMARK-1         : isi dengan keterangan dari journal tersebut contoh à INCOME 25-11-2002
REMARK-2         : isi dengan keterangan dari journal tersebut contoh à POOL TICKET

PROSEDUR JOURNAL-JOURNAL SALES / INCOME AUDIT:
Prosedur pencatatan transaksi ADVANCE DEPOSIT [ SYS2 ] berdasarkan SISTEM System adalah sebagai berikut:
1.    Pada saat pihak Hotel menerima uang muka (Deposit) dari tamu sebelum tamu tinggal di Hotel (atau belum di Applied ke salah satu tamu In House /Reservation Data).
Note : Apabila di Setup Department Revenue disisi Credit Account Other diisi dengan Account Advance Deposit (21. .....), maka Journal yang akan timbul pada SYS2 adalah sbb :
misal : transaksi sebesar Rp. 1.000.000,-
Dr                                Cr
11. .... Cash Clear. / Cr Card         1.000.000,-
21. .... Advance Deposit                                                  1.000.000,-

2.    Pada saat tamu sudah tinggal di Hotel dan data deposit telah di Applied sebagai DEPOSIT APPLIED [ SYS8 ] ke salah satu tamu In House atau Reservation Data yang sudah Check-In, maka Journal yang akan timbul pada SYS8 adalah sbb :
Dr                                Cr
12. .... Guest Ledger                   -1.000.000,-
21. .... Advance Deposit                                                  -1.000.000,-

3.    Pada saat tamu tersebut menggunakan fasilitas Hotel (sesuai dengan DEPARTMENT REVENUE masing-masing), maka akan timbul Revenue / Sales sebagai berikut:
misal :         Revenue Room                           Rp. 260.000,-
Revenur Food                             Rp. 140.000,-
Revenue Beverage                      Rp. 100.000,-
                                              --------------------- +
Total Revenue/Sales                   Rp. 500.000,-
Dan Journal yang akan timbul adalah sbb :
Dr                                Cr
12. .... Guest Ledger                   500.000,-
40. .... Revenue Room                                                     214.876,-
41. .... Revenue Food                                                      115.702,-
42. .... Revenue Beverage                                                              82.645,-
22. .... Tax PB-I                                                                45.455,-
23. .... Service Charge                                                       41.322,-
4.    Misalkan tamu pada saat ingin Check-Out ternyata masih memiliki sisa Deposit sebesar Rp. 750.000,- dan sisa Deposit tersebut akan diambil pada saat Check-Out (RE-FUND à masuk ke Department Revenue CLOSE FOLIO [ GPAY ]), maka Journal yang akan timbul pada GPAY adalah sbb :
Dr                                Cr
11. .... Cash Clearance                -750.000,-
12. .... Guest Ledger                                                       -750.000,-
5.    Misalkan tamu pada saat ingin Check-Out ternyata masih memiliki sisa Deposit sebesar Rp. 750.000,- dan sisa Deposit tersebut akan diambil pada saat Check-Out (RE-DEPOSIT à masuk ke Department Revenue CLOSE FOLIO [ GPAY ] & ADVANCE DEPOSIT [SYS2]), maka Journal yang akan timbul pada GPAY adalah sbb :
Dr                                Cr
11. .... Cash Clearance                -750.000,-
12. .... Guest Ledger                                                       -750.000,-
Sedangkan Journal yang akan timbul pada SYS2 adalah sbb :
Dr                                Cr
11. .... Cash Clearance                750.000,-
21. .... Advance Deposit                                                  750.000,-
6.    Untuk tamu yang Check Out lewat FO Cashier maka akan masuk ke Department CLOSE FOLIO [ GPAY ] dan Journal yang akan timbul pada GPAY adalah sbb :
Dr                                Cr
11. .... Cash Clear. / Cr Card         1.000.000,-
12. .... Guest Ledger                                                       1.000.000,-

7.    Untuk tamu yang ingin melakukan pembayaran Folio tetapi tamu tersebut masih menginap di Hotel maka akan masuk ke Department GUEST DEPOSIT / GUEST PAYMENT [ SYS1 ] dan Journal yang akan timbul pada SYS1 adalah sbb :
Dr                                Cr
11. .... Cash Clear. / Cr Card         1.000.000,-
12. .... Guest Ledger                                                       1.000.000,-

8.    Untuk tamu yang ingin melakukan peminjaman uang lewat FO Cashier dan akan di-Charge kedalam Folio-nya maka akan masuk ke Department PAID OUT [ SYS3 ] dan Journal yang akan timbul pada SYS3 adalah sbb :
Dr                                Cr
11. .... Cash Clear. / Cr Card         -500.000,-
12. .... Guest Ledger                                                       -500.000,-

9.    Untuk keperluan mendadak dan karyawan butuh uang untuk pembayaran dengan nilai nominal yang sedikit maka dapat dimasukan ke dalam Petty Cash dan akan masuk ke Department PETTY CASH [ SYS4 ] dan Journal yang akan timbul pada SYS4 adalah sbb :
Dr                                Cr
11. .... Cash Clear. / Cr Card         -500.000,-
61. .... Expense                                                              -500.000,-

10.  Untuk pembayaran tagihan City Ledger lewat FO Cashier maka akan masuk ke Department C/L RECEIPT [ SYS7 ] dan Journal yang akan timbul pada SYS7 adalah sbb :
Dr                                Cr
11. .... Cash Clear. / Cr Card         500.000,-
13. .... A/R Clearance                                                      500.000,-

Prosedur VALIDASI DATA di Income Audit /Sales adalah sebagai berikut :
1.    Pada dasarnya apabila Setup Account pada Department Revenue yang telah disetup pada SISTEM Front Office System telah benar, maka diharapkan data Journal yang di Import oleh modul Income Audit / Sales akan benar juga.

2.    Bertolak dari keadaan diatas sebaiknya User tetap melakukan Validasi data Journal yang masuk ke system Income Audit / Sales dengan data pendukung dari SISTEM Front Office System (laporan Hotel Operation Balance, Guest Account Balance, Daily Preliminary Revenue dan Supporting Data yang lain), hal ini berguna untuk memastikan apakah data dari SISTEM FO dan Journal di Income Audit / Sales sudah benar dan Balance, dan untuk mengontrol hal tersebut maka Daily Sales Report (Sales Daily Operation Report), Sales Daily Journal Summary dan Sales Daily Journal yang ada harus dicetak setiap hari juga.

3.    Apabila langkah tersebut diatas dijalankan secara rutin setiap hari, maka proses balancing data akan lebih cepat dan mudah.

4.    Apabila menemui kasus Journal Import dari SISTEM FO tidak Balance, maka pertama kali yang dilakukan adalah periksa Setup Chart Of Account pada Department Revenue di modul SISTEM FO, mungkin ada penempatan Account yang salah. misal : kasus pada Department Revenue RS-1 (Restaurant-A) tamu bayar Cash untuk membeli minuman dan journal yang timbul :
Dr                                Cr
11.01.01.05  Cash                    500.000,-                       500.000,-
Padahal seharusnya lawan dari Journal tersebut pada sisi Credit adalah Revenue Beverage, karena data tersebut automatis akan menjadi Journal di Income Audit maka pasti Setup Account pada Department Revenue (RS-1) untuk sisi Credit-Account-nya pada kolom BEVERAGE terisi oleh Account : 11.01.01.05 (Cash) juga, padahal yang seharusnya Account tersebut terisi : 41.01.01.01 (Revenue Beverage).

5.    Sedangkan untuk kasus Tax atau Service yang tidak balance dengan nilai dari Revenue-nya bila dikalikan dengan 11 % atau 10 %, maka pasti ada yang salah di salah satu rumus untuk nilai Tax atau Service-nya pada Setup Department Revenue di SISTEM FO System.; misal :
Dr                     Cr
Cash                                       100.000,-
Food Revenue                                                  100.000,-
Tax                                                                   11.000,-
Service                                                                                  1,- à harusnya 10.000,-

Seperti kejadian diatas maka dapat dipastikan bahwa setup Department Revenue pada SISTEM FO-nya salah karena terisi nilai 1 pada kolom Service-nya, padahal seharusnya berisi nilai 10

No comments:

Post a Comment