CARI

PRINSIP DAN KONSEP EKONOMI PEMBANGUNAN

Tugas Ekonomi Pembangunan

 PRINSIP DAN KONSEP EKONOMI PEMBANGUNAN

      Menurut saya prinsip ekonomi pembangunan begitu di butuhkan di dalam suatu negara karena dapat mengurangi garis kemiskinan dan dapat menstabilkan prekenomian suatu negara. lebih nya lagi ekonomi pembangunan sebagai salah satu proses untuk meningkat kesejahteraan masyarakat,menyebabkan pendapatan masyarakat menjadi meningkat dalam jangka panjang.
      Begitu pula dengan konsep ekonomi pembangunan memberikan gambaran-gambaran kepada masyarakat tentang prekonomian yang berkebang di negara-negara maju, agar masyarakat dapat termotivasi untuk membangun prekenomian di suatu negara untuk menciptakan perubahan-perubahan  struktur sikap dan faktor dan mengurangi ketidakadilan serta mengurangi angka kemiskinan. Intinya adalah  membangun dan trus membangun dengan cara mencipta kesejahteraan bersama agar setiap manusia merasakan hidup dalam kebahagiaan. begitu pula dalam prespektif islam yang mana di dalam nya mengajarkan keadilan atau kemerataan antar sesama manusia tidak ada membedakan manusia tetaplah sebagai manusia. kekayaan dan kemiskinan bukan lah perbedaan akan tetapi begitulah cara Allah mendidik hambanya untuk saling tolong menolong dan berbagi kebahagiaan.
 

TUGAS EKONOMI PEMBANGUNAN II

klasifikasi Negara-Negara Berkembang.

Negara berkembang sering di sebut secara umum, Negara yang kesejahteraan material tingkat rendah.
istilah "Negara Dunia ketiga" pertama kali digubakan di negara  prancis pada tahun 1950. pada awal tahun 1960-an negara di dunia menjadi tiga.
      1.      Negara dunia pertama Meliputi  Negara-negara industri denagn corak ekonomi pasar,yang secara                 luas disebut “Negara kapitalis” atau “dunia barat” 
      2.    Negara dunia kedua Meliputi Negara-negara ekonomi terencana secara sentral,yang secara luas                   disebut “blok  komunis”atau “Kubu sosialis”
      3.   Negara dunia ketiga Meliputi Negara yang lebih miskin yang banyak diantaranya baru merdeka dari              kekuasaan colonial..
A.    Klasifikasi menurut World Bank (berdasarkan pendapatan per-kapita)
Menurut bank Dunia negara-negara di dunia ini terbagi ke dalam empat kelompok. Empat kelompok tersebut ialah sebagai berikut:
1.      Negara maju yang berpendapatan tinggi dan mengandalkan perekonomiannya dari sektor industri.
2. Negara berkembang yang berpendapatan menengah dan sektor industri dalam bidang perekonomiannya sedang dalam tahap perkembangan.
3.   Negara dunia ketiga yang berpendapatan rendah dan tidak memiliki sektor industri yang dapat diandalkan dalam perekonomiannya
 

No comments:

Post a Comment