CARI

TUGAS OSPEK MAHASISWA BARU

   Kepanjangan dari Ospek apa, sih? Kepanjangannya adalah Orientasi dan Pengenalan Kampus.
Tapi walaupun Ospek model begitu bikin capek dan ngeselin, saya sendiri tetap bersyukur pernah di-Ospek, lho, gaes. Karena menurut saya, Ospek itu masih punya beberapa manfaat.
1. Ospek membuat Maba lebih mengenal jurusan dan budaya kampus
Dalam setiap Ospek, pasti ada sesi pengenalan jurusan, dimana seniormu akan memperkenalkan jurusanmu dengan lebih jauh. Nah, hal ini berfaedah banget, gaes. Sebenarnya sebelum kamu mulai kuliah, pasti kamu sudah cari info tentang jurusanmu. Tetapi info yang kamu dapatkan paling hanya info-info formal. Bagaimana dengan info informalnya? Apakah kamu tahu, bagaimana cara lulus di kelasnya Pak X yang terkenal pelit nilai? Atau apakah kamu tahu, warteg sekitar kampus yang paling enak tapi murah dimana? Info-info kecil tapi penting ini bakal kamu dapat saat Ospek.
Ikutan Ospek juga membuat kamu lebih kenal budaya kampusmu, lewat kakak-kakak senior. Soalnya, gimanapun juga, Ospek tiap kampus itu berbeda-beda, sesuai dengan budaya tiap kampus. Jadi setelah Ospek, diharapkan kamu bisa cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan budaya kampus.
2. Ospek mempersiapkanmu untuk menghadapi perkuliahan
Tugas-tugas selama Ospek itu biasanya nggak hanya banyak, tetapi juga aneh-aneh, dengan deadline yang super mepet. Memang menyebalkan, tetapi sebetulnya, itulah cerminan dunia perkuliahan yang akan kamu alami selama bertahun-tahun.
Saya inget banget, dulu, setiap hari selama Osepk, saya selalu mendapat tugas. Eeh, saat kuliah, saya juga selalu mendapat tugas rutin, yaitu membuat tiga laporan praktikum dalam seminggu. Dikumpulinnya tidak boleh terlambat, karena kalau terlambat, nilainya akan dikurangi. Itu baru tugas rutin, ya! Belum tugas-tugas lainnya.(Baca juga : MAKALAH EKONOMI KEMANDIRIAN PANGAN DAN PEMBANGUNAN )
Saya juga pernah mendapat tugas bikin paper, tetapi temanya lintas bidang ilmu. Sehingga meskipun saya mahasiswa Biologi, saya harus baca-baca jurnal ilmiah Geologi.
Intinya, seperti tugas saat Ospek, tugas dalam perkuliahan pun sangat menantang dan menuntut kita untuk kreatif dan berjuang keras.
3. Ospek membuat kamu cepat dapat teman baru
Terutama buat kamu yang mahasiswa rantau, Ospek bisa sangat membantu kamu cepat dapat teman baru. Ketika Ospek, biasanya kamu akan tergabung dalam kelompok, dan kamu harus mengerjakan tugas dan melakukan aktivitas Ospek bareng anak-anak kelompokmu ini. Walau baru satu atau dua hari di kampus, kamu pasti bakal seneng, deh, karena bisa dapat kenalan baru. Sedih, lho, kalau jadi mahasiswa yang apa-apa harus sendirian! #curcol
4. Ospek membuat kamu kenal dengan kakak kelas
Kenal dengan senior—apalagi kalau bisa berteman dengan mereka—punya banyak manfaat, lho. Kamu bisa pinjam buku-buku atau modul-modul kuliah mereka yang sudah nggak terpakai. Saya juga dulu dapat pinjaman buku dari kakak kelas karena perkenalan lewat Ospek, lho. Lumayan ‘kan kamu bisa menghemat uang buku!
5. Kamu dapat pengalaman dengan harus mencari tahu apa saja ini... 

ISTILAH ANEH DALAM OSPEK ATAU MOS

Buat kalian yang masuk SMP, SMA, ataupun menjadi Mahasiswa/i. Pasti sering mendapatkan tugas untuk membawa barang-barang ataupun makanan-makanan dengan istilah-istilah yang aneh. Istilah-istilah tersebut kadang kala membingungkan para murid maupun orangtua murid. Buat kalian yang merasa bingung, mungkin blog ini cukup membantu.

pulpen cepat : faster
pisang 1 sisir : pisang dan 1 buah sisir (bukan pisang yg sesisir, hmm emang mau jualan...!! :D)
biskuit Argentina : Tango
buah cium matahari : sunkiss (plesetan dari jeruk Sunkist)
buah permisi : mangga
air mineral enam T : air minerak merek VIT (jadinya VI T)
buah putri salju : apel / kesemek
buah centil : kesemek
lollipop tawar : jarum pentul
roti tawar / jepang : pembalut
terigu, jagung, wortel, tauge seharga Rp500,- : bakwan
gulali tawar : kapas
alas kaki jepit : sendal jepit
LIFE IS NEVER FLAT : chitato
PO CARI MANIS : pocari sweat (diplesetin SWEAT menjadi sweet )
save snack : snack selamat
sabun genit : sabun colek
buah kasian : apel malang
avatar damai : pisang (damai : piss, avatar : aang. jadilah pisang)
permen bau : permen kaki
minuman 3 kaki : larutan cap kaki 3
ketombe : nasi putih
pudding goreng : tahu goreng
sayur basi : sayur asem

No comments:

Post a Comment